UST Makin Unggul Di Kancah Internasional


Yogyakarta (15/3) – Program Studi Pendidikan (Prodi) Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Prodi Agribisnis serta Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengadakan kegiatan pelepasan mahasiswa magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Jepang. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor beserta jajarannya, Direktur Medio Global Indonesia beserta jajarannya, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) beserta jajarannya, Dekan FKIP dan Dekan Fakultas Pertanian beserta jajarannya, Kepala Program Studi Agribisnis & Agroteknologi beserta jajarannya, Dosen PVKK, Tenaga Pendidikan JPTK, serta mahasiswa Internship dan mahasiswa di FKIP dan Fakultas Pertanian UST.

Untuk magang dan KKN di Jepang ini UST menjalin kerja sama dengan Domremy Co. Ltd., sebuah perusahaan yang didirikan pada 1975 yang memiliki lini bisnis pembuatan roti fresh atau frozen serta, kue, pai, dan produk makanan lainnya.

Di sela-sela acara tersebut Prof. Drs. H. Pardimin., M.Pd., Ph.D. selaku Rektor UST, menyambut baik kerja sama ini karena sesuai  dengan visi UST yaitu “on the move to a leading Southeast Asia University in 2025”. Selain itu, kegiatan tersebut dapat menjadikan lulusan UST menjadi kreatif, adaptif dan transformatif. Prodi juga dapat mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) 1, 2, 6, 7 dan 8  menuju Prodi Berstandar Internasional.

Kaprodi PVKK, Anggri Sekar Sari, S.Pdt., M.Pd., MCE menambahkan bahwa kegiatan pelepasan magang dan KKN ke Jepang mencakup 4 hal Stadium Generale, Student Departure of PVKK FKIP UST for Industrial Internship and Internatioal Community Service in Japan dan penyerahan MoU antara UST dengan Domremy Co. Ltd. Kegiatan stadium general dilaksanakan secara hybrid dengan narasumber dari Jepang, Kegiatan Internship diikuti oleh 11 Mahasiswa PVKK dan 7 mahasiswa dari FP yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2024-17 Maret 2025 di Domremy co Ltd, Kegiatan KKN diikuti oleh 5 Mahasiswa PVKK dan 4 Mahasiswa Fakultas Pertanian, dan Penyerahan MoU maupun SPK antara Domremy Co Ltd. dengan UST dan PVKK.

“Program magang dan KKN di Jepang ini akan terus kami kembangkan karena banyak sekali manfaat yang dapat dipelajari para mahasiswa terutama tentang budaya kerja yang sangat baik seperti etos kerja, disiplin waktu, serta sistem kerja yang lebih praktis dan canggih,” tutup Dr. Silvester Goridus Sukur, M.Pd. selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama UST.

BKUI UST – 2024