Program Praktisi Mengajar Angkatan 4 Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)


Yogyakarta (31/05/24) – Program Studi Agribisnis Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengikuti Program Praktisi Mengajar Angkatan 4 Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini dilaksanakan pada mata kuliah Manajemen Sumberdaya Manusia, yang diampu oleh Ibu Eska Stefani, S.P., M.Si

Program Praktisi Mengajar ini adalah inisiatif yang dirancang untuk menghubungkan dunia akademis dengan dunia industri. Program ini menghadirkan praktisi berpengalaman langsung ke dalam ruang kelas untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman nyata kepada para mahasiswa. Pada angkatan keempat ini, Prodi Agribisnis berkolaborasi dengan Bapak Adolfus Yunanto Putro, S.Psi., M.A., seorang HRD dari PT Mirota KSM, perusahaan susu terkemuka di Indonesia.

Eska Stefani, S.P., M.Si, sebagai dosen pengampu mata kuliah, menyatakan bahwa partisipasi dalam program ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang pengelolaan sumber daya manusia di sektor agribisnis. “Kehadiran praktisi seperti Bapak Adolfus memberikan nilai tambah yang sangat berharga bagi mahasiswa, karena mereka bisa belajar langsung dari pengalaman praktis yang relevan dengan bidang studi mereka,” ungkapnya.

Selama program berlangsung, Bapak Adolfus Yunanto Putro membagikan pengalaman dan strategi pengelolaan tenaga kerja di PT Mirota KSM. Topik-topik yang dibahas mencakup job analysis dan job design, rekruitmen karyawan dan penempatan, pengembangan karyawan, penilaian kinerja, serta kompensasi.

Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa tetapi juga bagi para dosen. Dengan adanya interaksi antara dosen dan praktisi, terjadi pertukaran pengetahuan dan pengalaman yang dapat meningkatkan kualitas pengajaran di Kelas. “Kolaborasi dengan praktisi seperti Bapak Adolfus memungkinkan kami untuk memperkaya materi kuliah dengan contoh-contoh nyata dan praktik terbaik di industri, “ kata Eska Stefani.

Dengan mengikuti Program Praktisi Mengajar Angkatan 4, Program Studi Agribisnis UST berharap dapat terus memberikan Pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi kepada para mahasiswanya, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di industri agribisnis.