KULIAH LAPANGAN (KL) DI JEPANG SEBAGAI LANGKAH AWAL FP UST MENUJU MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA


Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makariem. Pokok-pokok kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudahan perguruan tinggi negeri menjadi PTN berbadan hukum, dan hak belajar tiga semester di luar program studi. Tiga semester yang di maksud berupa 1 semester kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan 2 semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi. Berbagai bentuk kegiatan belajar di luar perguruan tinggi, salah satunya adalah magang/ praktik kerja di Industri atau tempat kerja lainnya.

Magang atau Kuliah Lapang (KL) di Jepang merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FP UST) sejak tahun 2014. KL di Jepang merupakan kerja sama antara FP UST dengan perusahaan di bidang pertanian dan koperasi petani Jepang dengan Japan Interstudy Center (JIC) sebagai fasilitator. Tahun pertama yaitu tahun 2014, FP UST memberangkatakan dua mahasiswa kemudian sampai saat ini terus memberangkatkan rata-rata 10 mahasiswa per tahun.

Tahun 2019, 10 mahasiswa FP berangkat ke Jepang untuk melaksanakan KL. Sepuluh mahasiswa tersebut berkesempatan untuk melaksanakan KL di dua tempat berbeda. Tiga mahasiswa melakukan Kerja Lapangan (KL) selama 3 bulan pada musim panas di lahan sayuran Kawakami-mura Prefecture/ Provinsi Nagano sedangkan tujuh mahasiswa di Pabrik Jahe Miyamae Co. Ltd di Kota Haeguri (Haeguri-cho) Propinsi Nara.

Masiswa FP KL di Jepang bulan Februari sampai Juli 2019, dari kiri ke kanan Randi Prastia (Randi) dan Heri Rahman Hakim (Heri)

Februari sampai Juli 2019 tiga mahasiswa KL di pabrik jahe Miyamae. Ketiga mahasiswa ini adalah Heri Rahman Hakim (Heri), Randi Prastia (Randi) dan Alfian Hidayatullah (Alfian). Heri dan Alfian bekerja pada divisi Tsukegomi (Packaging) sedangkan Randi pada divisi Genryou (Unloading).

Bulan Agustus sampai Oktober 2019 tiga mahasiswa FP UST KL “Summer Job” di lahan sayuran Yui-Sugiyama yang berada di Kawakami-mura Prefecture/ Provinsi Nagano. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Nanang F. Novi (Novi) dari prodi Agribisnis serta Ronaldo Wirathama (Ronal) dan Eli Nafi Atun (Eli) dari prodi Agroteknologi. Novi, Eli, dan Ronal melakukan pemanenan sayuran dan berbagai kegiatan pasca panen lainnya di lahan Yui-Sugiyama.

Masiswa FP KL di Jepang bulan Agustus sampai Oktober 2019, dari kiri ke kanan Nanang F. Novi (Novi), Eli Nafi Atun (Eli), dan Ronaldo Wirathama (Ronal)

November 2019, empat mahasiswa menyusul untuk KL di pabrik jahe Miyamae dan berakhir pada pertengahan Mei 2020. Empat mahasiswa tersebut yaitu Hendi Rintoko (Hendi), Rijal Nur Hidayat (Rijal), Nyoman Setia Putra (Nyoman), dan Teduh Buana Putra (Teduh). Selama di pabrik jahe Miyamae, Teduh dan Rijal bekerja pada divisi Dimini Ichi (Production), Nyoman Putra pada divisi Genryou (Unloading) serta Hendi pada divisi Suraisu (Slicing).

Masiswa FP KL di Jepang bulan November 2019 sampai Mei 2020, dari kiri ke kanan Nyoman Setia Putra (Nyoman), Teduh Buana Putra (Teduh), pembimbing KL dari Jepang, Rijal Nur Hidayat (Rijal), dan Hendi Rintoko (Hendi)

Tahun 2019 merupakan tahun pertama FP UST mengirimkan mahasiswanya untuk KL di Jepang selama 6 bulan. Heri, Alfian, dan Randi merupakan merupakan angkatan pertama yang melakukan KL di Jepang selama 6 bulan. Ketiganya KL di Jepang mulai bulan Februari sampai Juli 2019. Sementara itu, Hendi, Rijal, Nyoman, dan Teguh merupakan angkatan kedua. Keempatanya KL di Jepang dari November 2019 sampai Mei 2020.

Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka tahun 2020 menyatakan bahwa magang yang berjangka pendek (kurang dari 6 bulan) sangat tidak cukup untuk memberikan pengalaman dan kompetensi industri bagi mahasiswa. Perusahaan yang menerima magang juga menyatakan magang dalam waktu sangat pendek tidak bermanfaat, bahkan mengganggu aktivitas di Industri. Oleh karena itu, magang/ KL di Jepang program 6 bulan dapat menjadi langkah awal FP UST menuju Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

 

Tim Kerjasama-FP UST
Humas-FP UST

 

Fakultas Pertanian UST
Jln. Batikan 06 Umbulharjo Yogyakarta
website      : fp.ustjogja.ac.id
E-mail        : pertanian@ustjogja.ac.id
Instagram : @pertanian.ust