KEBUN PERCOBAAN


Kebun Percobaan merupakan salah satu sarana dalam penunjang kegiatan akademik baik praktikum, penelitian, pengkajian maupun pengembangan pertanian. Kebun Percobaan dapat digunakan sebagai lokasi untuk koleksi plasma nutfah atau sumber daya genetik (SDG) tanaman, penelitian dan pengkajian teknologi, unit pengelola benih sumber (UPBS) dan visualisasi hasil penelitian.
Fakultas Pertanian UST memiliki Kebun Percobaan diantaranya:
1. Kebun Batikan
Kebun Batikan terletak di sebelah utara makam Wijaya Brata dengan luas sekitar 500 m². Kebun ini berfungsi sebagai praktikum dari mata kuliah, budidaya tanaman pangan, fisiologi tanaman, pemuliaan tanaman, POPT, ilmu gulma, budidaya tanaman obat, pertanian terpadu berkelanjutan, mikrobiologi industri dan mekanisasi pertanian.
 
2. Kebun Produksi dan Penelitian
Kebun produksi dan penelitian terletak di desa Argorejo, Bantul, Yogyakarta dengan luas sekitar 5000 m².  Kebun ini memiliki kegunaan yaitu sebagai kebun produksi benih padi dan penelitian skripsi mahasiswa.
 
3. Kebun Produksi Bugel
Kebun produksi terletak di desa Bugel, Kulon Progo, Yogyakarta dengan luasan sekitar 1 Ha. Kebun ini digunakan sebagai produksi benih koro pedang, produksi pepaya dan produksi cabai.
 
4. Kebun Produksi Garongan
Kebun produksi terletak di desa Garongan, Kulon Progo, Yogyakarta dengan luas sekitar 5000 m². Kebun ini juga berfungsi sebagai kebun produksi koro pedang, produksi pepaya dan produksi cabai.
 
5. Kebun Produksi Kaliurang
Kebun produksi terletak di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta dengan luasan sekitar 500 m². Kebun ini berfungsi sebagai kebun produksi tanaman kayu putih.